Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lemot

Cara Mengatasi Komputer Lemot - Komputer ataupun laptop merupakan salah satu perangkat yang sering kita gunakan di zaman sekarang untuk menyelesaikan berbagai macam kegiatan atau aktivitas apalagi yang memang hal tersebut bersifat administrasi serta sejenisnya.

Disisi lain pun alat tersebut digunakan untuk membantu pelajaran anak di sekolah dan hal – hal lainnya yang memang membutuhkan perangkat tersebut agar tugasnya lancar.

Selain itu, komputer maupun laptop pun sering kali digunakan oleh banyak orang untuk menyimpan berbagai macam file penting yang nantinya bisa mereka gunakan lagi.

Akan tetapi, semakin banyak file yang kita simpan tanpa memikirkan kapasitas penyimpanan yang kita miliki, tentunya dapat mempengaruhi kinerja dari alat itu sendiri.
Cara Mengatasi Komputer Lemot
Nah hal yang sering terjadi adalah komputer ataupun laptop yang anda miliki akan terasa sangat lelet. Misalnya saat anda hendak membuka file presentasi menggunakan PowerPoint komputer atau laptop anda membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kondisi yang paling buruk pun kadang terjadi seperti Microsoft PowerPoint has stopped working atau aplikasi terhenti dengan sendirinya, sehingga pada akhirnya bisa menimbulkan berbagai hal yang sudah anda rencanakan bisa gagal.

Apalagi jika anda sedang dikejar deadline, yang pastinya dalam hal pengerjaan membutuhkan waktu cepat.

Nah apabila anda mengalami hal tersebut maka anda harus segera memperbaikinya.

Bagi kalian yang sekarang mencari cara mengatasi komputer atau laptop lemot, maka disini anda bisa mengetahui bagaimana caranya.

Cara dibawah ini mesti anda lakukan agar komputer yang anda miliki tidak akan mengalami lemot lagi ketika mengakses atau membuka file dan aplikasi di komputer. Tetapi alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu penyebab komputer lemot.

Beberapa Penyebab Yang Membuat Komputer Lemot

1. Jarang diBersihkan

Perlu anda ketahui bahwa spesifikasi yang rendah pada komputer itu yang menyebabkan menjadi lemot, namun bukan itu melulu yang menjadi penyebabnya. Tetapi komputer dengan prosesor yang canggih bisa saja mengalami lemot.

Karena pada dasarnya hal tersebut bisa terjadi karena berbagai hal, termasuk kita sendiri yang malas untuk melakukan perawatan secara rutin.

Maka dari itu, anda mesti melakukan perawatan secara berkala dan membersihkan laptop atau komputer agar bisa performanya tetap.

2. Banyak Instal Aplikasi

Faktor yang dapat menyebabkan komputer lemot biasanya terlalu banyak aplikasi pada perangkat tersebut.

Maka dari itu tidak heran jika komputer anda sering kali saat sedang digunakan untuk membuka file memakan waktu lebih lama dari biasanya, sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi performnya.

Alangkah baiknya jika anda memiliki komputer dengan spesifikasi standar, install lah aplikasi yang diperlukan saja, jangan terlalu memaksakan komputer untuk bekerja ekstra.

3. Banyaknya aplikasi yang berjalan bersamaan saat startup

Banyaknya aplikasi yang berjalan bersamaan saat startup, dapat membuat Ram bekerja terlalu keras dan berat bahkan tidak tersisa ruang yang bisa digunakan, maka dari itu mesti segera anda atasi.

Hal pertama yang mesti anda lakukan adalah dengan mematikan atau menonaktifkan beberapa aplikasi startup pada perangkat anda yang sedang berjalan secara default. Nah cara mengatasi komputer lemot yaitu anda mesti masuk pada startup.

Cara masuk Startup:
Cara Mengatasi Komputer Lemot
  1. Ketik msconfig pada start menu
  2. Pilih System Configuration
  3. Akan muncul jendela baru, Pilih Startup dan klik Open Task Manager
  4. Setelah itu akan muncul aplikasi yang berjalan saat startup
  5. Matikan beberapa aplikasi tidak penting yang berjalan saat startup, agar kinerja komputer tidak berat. Dengan cara klik aplikasi yang ingin dimatikan, kemudian pilih Disable.
Cara Mengatasi Komputer Lemot
Selanjutnya, apabila anda sering kali melakukan instalasi aplikasi atau software yang mungkin tidak terlalu penting, hal tersebut mempengaruhi kapasitas memori pada komputer anda sehingga menyebabkan komputer menjadi lelet.

Maka alangkah baiknya anda mesti melakukan pencopotan atau uninstall software yang menurut anda tidak terlalu penting.

Caranya pun sangat mudah,
  1. Masuk pada control panel dengan cara ketik “Control Panel” pada start menu.
  2. Pilih menu Programs and Features
  3. Kemudian anda tinggal pilih software atau program apa yang ingin anda hapus
  4. Setelah di pilih klik Uninstal pada bagian atas
  5. Kemudian pilih Yes
  6. Tunggu prosesnya hingga selesai.
Dengan demikian ruang penyimpanan di komputer akan lebih lega, sehingga komputer akan terasa lebih cepat dan tidak lelet.

Selain itu, anda juga dapat menghapus Cache agar komputer memiliki performa yang lebih baik.

Nah itulah informasi dari sekian banyak cara mengatasi komputer lemot. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda untuk mengatasi atau mencegah kinerja komputer menjadi berat atau lemot.

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lemot "