Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Laptop yang Tidak Menyala

Laptop adalah suatu perangkat yang digunakan untuk membantu seseorang dalam menyelesaikan pekerjaannya. Sebagai perangkat lunak, Laptop memiliki sifat yang sensitif.

Anda harus memperhatikan penggunaan dan perawatan pada Laptop. Selain itu, Anda juga harus mengoperasikan laptop secara wajar dan mengetahui komponen didalamnya.

Pernahkah Anda mengalami Laptop yang mati atau tidak mau menyala? Apa yang Anda lakukan? Perhatikan tips mengatasi laptop yang tidak menyala berikut ini dengan baik
Tips Mengatasi Laptop yang Tidak Menyala

Memeriksa Baterai

Alasan pertama laptop mati adalah baterai. Ketika laptop Anda tidak bisa dinyalakan maka jangan tergopoh-gopoh untuk pergi ke tukang service. Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu di rumah sendiri.

Ambil charger dan sambungkan ke dalam laptop. Jika baterai pengisian aktif maka penyebab dari laptop yang tidak mau menyala itu adalah karena daya isi baterai yang habis. Setelah di charge secara penuh Anda bisa menyalakan laptop itu kembali.
Baca juga Cara Merawat Baterai Agar Tahan Lama

Memeriksa Bios

Tips mengatasi laptop yang tidak menyala berikutnya adalah memeriksa Bios. Apa anda mengetahui Bios?
Bios adalah sebuah program yang tertulis dalam PC atau komputer dengan menggunakan bahasa assembly.

Penulisan ini ditujukan untuk pengaturan fungsi pada hardware pada laptop atau pc. Jika Anda tidak terlalu memahami mengenai Bios atau bahasa pemrograman maka dianjurkan untuk pergi ke tukang service untuk membenarkannya.

Memeriksa RAM

Selanjutnya terdapat sebuah masalah seperti laptop bisa menyala namun keadaan layar blank dan tidak memunculkan gambar apapun.

Untuk masalah ini disebabkan oleh permasalahan pada RAM laptop. Selain membuat layar blank, masalah Ram juga dapat menjadi Penyebab Komputer Lemot

Cara mengatasinya yaitu Anda bisa membuka RAM laptop dan melepasnya. Setelah itu bersihkan dengan penghapus dan pasanglah kembali. Dalam memasang RAM Anda harus memperhatikan agar benda tersebut sudah terpasang dengan sempurna.

Melakukan Power Reset

Tips Mengatasi Laptop yang Tidak Menyala
Power Reset merupakan cara instan yang digunakan untuk menyalakan laptop yang tidak menyala. Anda bisa melepaskan dan memutuskan semua hal kelistrikan yang tersambung dalam laptop atau PC.

Jika Anda mencharge laptop maka lepaskan terlebih dahulu. Setelah itu, tekan tombol power selama beberapa detik (30 detik). Tunggu dan nyalakan kembali untuk melihat hasil dari power reset yang telah dilakukan.

Memeriksa VGA

Kemungkinan laptop atau pc Anda tidak menyala adalah karena mengalami kerusakan pada VGA. Kerusakan ini bisa ditandai dengan laptop yang tidak menyala secara penuh.

Dalam kondisi ini sebenarnya laptop bisa menyala namun output tidak bisa ditampilkan dengan baik. VGA yang rusak bisa dikategorikan dengan kerusakan yang lumayan berat pada laptop atau PC.

Sebagai solusi, Anda harus membawa laptop pada ahli nya atau service laptop di lingkungan sekitar Anda.

Memeriksa Mainboard

Laptop yang tidak menyala bisa diakibatkan dari mainboard yang tidak bekerja. Mainboard adalah sebuah inti dari laptop atau pc.

Untuk membenarkannya, Anda bisa melepaskan semua komponen yang ada didalamnya. Komponen-komponen ini antara lain hardisk, DVD, dan lain sebagainya.

Bersihkan komponen tersebut dari debu atau barang kecil yang mengganjal di dalamnya. Pasang kembali komponen mainboard tersebut dengan benar dan sesuai dengan tempatnya.

Itulah penjelasan mengenai Tutorial Mengatasi Laptop yang Tidak Menyala. Penjelasan diatas merupakan beberapa kemungkinan masalah yang menyebabkan pc atau laptop tidak mau menyala.

Beberapa solusi juga disediakan untuk mengatasi hal tersebut. Jika Anda memiliki sebuah barang elektronik seperti PC atau laptop Anda harus merawatnya sebaik mungkin. Karena, ketika pc atau laptop tersebut rusak maka biaya untuk memperbaikinya tidak bisa dibilang murah.

Untuk itu, gunakan laptop atau pc secara wajar dan rawat agar tidak rusak atau mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.