Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Icon MS Excel Beserta Gambarnya - Lengkap

Bagi kalian yang sering menggunakan komputer ataupun laptop, mungkin tidak asing lagi dengan dengan software yang bernama Microsoft Excel. Software ini sangat familiar karena merupakan program aplikasi lembar kerja Spreadsheet yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan atau tugas khusus nya data. Untuk lengkapnya kami sudah bahas di Pengertian Microsoft Excel

Kali ini Panduanesia.com akan membahas mengenai fungsi ikon Ms Excel beserta gambarnya yang berguna bagi kalian yang baru mengenal tentang software ini supaya Anda lebih paham dan mengerti apa saja fungsi icon pada Ms Excel.

Bagian Utama Lembar Kerja Microsoft Excel

Fungsi Icon Microsoft Excel
Pada saat pertama kali kalian membuka aplikasi Ms. Excel, kalian akan di hadapkan dengan lembar kerja utama yang terdapat beberapa bagian icon dengan fungsinya masing-masing.

Sebelum membahas lebih lanjut, sebaiknya kalian harus tahu terlebih dahulu nama nama bagian dari dari lembar kerja utama ini yang nantinya akan kita bahas satu per satu.

Perhatikan gambar di atas yang sudah kami berikan nomor, dan berikut ini adalah penjelasannya.

1. Quick Access Toolbar

Bagian ini adalah bagian yang sering kita gunakan. Pada umumnya bagian ini berisi perintah SAVE (untuk menyimpan lembar kerja), UNDO/REDO (berguna untuk memajukan dan mengembalikan tampilan lembar kerja), NEW (untuk membuka lembar kerja baru).

Terdapat juga icon Customize Quick Access Toolbar. Di dalam icon ini, kalian dapat memilih fungsi lainnya dari Ms. Excel yang kalian dapat tampilkan di bagian Quick Access Toolbar.

2. Title Bar

Bagian ini adalah nama dari lembar kerja yang sedang kalian buka, jika kalian belum menyimpan lembar kerja tersebut, maka namanya akan di berikan secara default (Book 1).

3. Windows Menu

Terdapat lima perintah pada bagian ini yaitu Help, Hide and Show Ribbon Tool, Minimize, Maximize dan Close. Pada bagian Help kalian akan mendapatkan bantuan untuk mengoperasikan Excel namun fitur ini tersedia saat kalian online atau terhubung ke internet.

Sedangkan Hide and Show Ribbon Tool berfungsi untuk menyembunyikan dan menampilkan icon perintah, sehingga tampilan lembar kerja bisa terlihat lebih lebar.

Untuk icon Minimize berfungsi menarik tampilan lembar kerja ke latar belakang, lalu Maximize mengembalikan dan memberikan tampilan layar penuh. Sedangkan Close berfungsi untuk menutup lembar kerja Excel.

4. Tab Menu

Tab menu adalah bagian yang berisi perintah-perintah yang dapat kalian gunakan sesuai kebutuhan. Setidaknya ada delapan tab menu pada Microsoft Excel 2013.

5. Ribbon Tool

Ribbon Tool adalah kumpulan icon yang merupakan isi dari Tab Menu. Icon ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.

6. Scroll Bar

Pada bagian kanan lembar kerja terdapat tombol yang dapat kalian gunakan untuk menggeser lembar kerja baik secara vertikal maupun horizontal. Sehingga kalian dapat melihat keseluruhan dari lembar kerja.

7. Sheet

Pada bagian kiri bawah terdapat bagian sheet atau lembaran. Nah, kalian dapat menambah sheet sesuai keinginan dengan hanya menekan tanda Plus (+). kalian juga dapat merubah nama dari sheet tersebut.

8. Page Preview

Pada bagian ini terdapat icon yang berfungsi untuk melihat tampilan lembar kerja. Kalian dapat memilih ingin tampilan Normal, Page Layout atau Page Break Preview.

9. Zoom Menu

Sesuai dengan namanya, icon ini berfungsi untuk melakukan Zoom yang berarti kalian dapat memperbesar atau memperkecil tampilan pada lembar kerja Microsoft Excel.

Fungsi Icon Ms Excel Pada Tab Menu

Tap Menu dan Ribbon tool merupakan kumpulan icon yang berfungsi dan berkaitan saat kita menggunakan Lembar kerja. Langsung saja kita bahas satu per satu agar kalian lebih agar kalian lebih paham. Berikut ini penjelasan secara detail fungsi icon pada tab menu Microsoft Excel.

1. FILE

Fungsi Icon Microsoft Excel
Di dalam tab menu file ini terdapat beberapa perintah lanjutan terhadap lembar kerja excel yang sedang kita kerjakan seperti NEW, INFO, OPEN, SAVE dan lain-lain. Selengkapnya akan di jelaskan di bawah.

a. INFO : Merupakan keterangan informasi dari lembar kerja Excel yang sedang kita kerjakan. 
b. NEW : Adalah perintah untuk membuka lembar kerja baru. 
c. OPEN : Adalah perintah untuk membuka lembar kerja Excel yang sebelumnya sudah tersimpan pada perangkat laptop maupun komputer tersebut.
d. SAVE : Adalah perintah untuk menyimpan file lembar kerja yang sedang kita buka. Umumnya komputer saat ini sudah memiliki fitur autosaved yang berarti secara otomatis dapat menyimpan file setiap beberapa menit sekali.
e. SAVE AS : Perintah ini sama dengan perintah SAVE. Namun SAVE AS lebih spesifik. Karena kalian dapat menyimpan di folder yang berbeda dan juga dapat merubah nama dari file tersebut.
f. PRINT : Merupakan perintah untuk mencetak dokumen. Namun, kalian harus memastikan komputer terhubung dengan Printer (alat pencetak) sebelum melakukan perintah ini.
g. SHARE : Merupakan perintah membagikan lembar kerja kepada orang lain melalui E-Mail.
h. EXPORT : Merupakan perintah untuk merubah ekstensi file. Umumnya di gunakan untuk merubah dari bentuk ekstensi Excel ke PDF.
i. CLOSED : Adalah perintah untuk menutup lembar kerja.
j. ACCOUNT : Bagi kalian yang yang sudah mempunyai akun Microsoft Office bisa melakukan Sign In pada menu Account.
k. OPTION : Adalah menu yang berisi pengaturan lembar kerja yang sedang kalian kerjakan.

2. HOME

Fungsi Icon Microsoft Excel
Pada bagian Tab Menu Home setidaknya ada tujuh Ribbon Tool yang dapat kalian gunakan untuk kebutuhan lembar kerja Excel. Berikut ini penjelasannya.

a. Clipboard

  • Paste : adalah perintah untuk menampilkan angka atau teks yang sudah kita Copy atau Cut sebelumnya.
  • Cut : adalah perintah untuk memotong dan memindahkan angka atau teks yang di akhiri dengan perintah Paste.
  • Copy : adalah perintah untuk menyalin angka dan teks yang di akhiri dengan perintah paste.
  • Format Painter : adalah perintah untuk meniru format yang kemudian dapat kita terapkan pada bagian yang kita inginkan.

b. Font

  • Ribbon Tool Font : adalah kumpulan Icon Ms Excel yang dapat di gunakan untuk merubah karakter angka dan huruf pada lembar kerja.
  • Font : adalah perintah untuk merubah jenis angka dan huruf yang di pilih
  • Font Size : adalah perintah untuk mengatur ukuran angka dan huruf yang terpilih.
  • Increase Font : adalah perintah untuk memperbesar ukuran angka atau huruf yang terpilih secara bertahap.
  • Decrease Font : adalah perintah untuk memperkecil ukuran angka atau huruf yang terpilih secara bertahap.
  • Bold : adalah perintah untuk menebalkan angka atau huruf yang terpilih.
  • Italic : adalah perintah agar angka atau huruf yang terpilih menjadi miring.
  • Underline : adalah perintah untuk memberi tanda garis bawah pada data yang terpilih.
  • Border : adalah perintah untuk memberikan garis tepi pada sel yang di pilih.
  • Fill Color : adalah perintah untuk memberikan warna pada sel yang di pilih.
  • Font Color : adalah perintah untuk memberikan warna pada angka dan teks yang di pilih.

c. Alignment

Fungsi icon Ms Excel pada Ribbon tool Alignment merupakan untuk mengatur angka atau teks pada sel yang terpilih. Berikut penjelasannya.
  • Top Align : adalah perintah untuk membuat data di dalam sel berapa di tepi atas sel tersebut.
  • Middle Align : adalah perintah untuk membuat data di dalam sel berapa tepat di tengah sel tersebut.
  • Bottom Align : adalah perintah untuk membuat data di dalam sel berapa di tepi bawah sel tersebut.
  • Orientations : adalah perintah untuk membuat data di dalam sel menjadi vertikal atau horizontal.
  • Align Text Left : adalah perintah untuk membuat data di dalam sel yang terpilih menjadi rata kiri.
  • Center : adalah perintah untuk membuat data di dalam sel yang terpilih menjadi rata tengah.
  • Align Text Right : adalah perintah untuk membuat data di dalam sel yang terpilih menjadi rata kanan.
  • Decrease Indent : adalah perintah untuk menarik batas data di dalam sel yang terpilih ke sebelah kiri.
  • Increase Indent : adalah perintah untuk menarik batas data di dalam sel yang terpilih ke sebelah kanan.
  • Wrap Text : adalah perintah untuk mengatur distribusi data di dalam sel yang terpilih
  • Merge & Center : adalah perintah untuk menggabungkan beberapa sel yang terpilih dan membuat data di dalam sel menjadi rata tengah.

d. Number

Fungsi ikon Ms Excel pada Ribbon Tool Number adalah untuk mengatur data yang berupa angka dalam sel yang terpilih. Berikut penjelasannya.
  • Number Format : adalah perintah untuk mengatur format angka di dalam sel yang terpilih. Contoh merubah ke format Umum, Mata Uang, Tanggal, Waktu dan lain-lain.
  • Accounting : adalah perintah untuk mengatur angka ke format mata uang yang ingin kalian gunakan.
  • Percent Style : adalah perintah untuk memberikan format persentase ke dalam sel. Format akan otomatis terisi sesuai dengan angka yang ada di dalam sel.
  • Comma Style : adalah perintah untuk memberikan format angka bulat dari angka desimal.
  • Increase Decimal : adalah perintah untuk menambah digit setelah koma dalam bentuk bilangan desimal.
  • Decrease Decimal : adalah perintah untuk mengurangi digit setelah koma dalam bentuk bilangan desimal.

e. Styles

Fungsi icon pada Ribbon Toll Styles adalah perintah untuk mengatur format data di dalam sel yang ada di dalam lembar kerja Excel.
  • Conditional Formatting : adalah perintah untuk membuat format seperti diagram di dalam sel yang terpilih sesuai dengan angka di dalam sel tersebut.
  • Format as Table : adalah perintah untuk memberikan format tabel pada data sel yang di pilih. Ada berbagai tema tabel yang di sediakan oleh Excel, kalian bisa memilih sesuai keinginan,
  • Cell Styles : adalah perintah yang berfungsi untuk memberikan format pada sel yang terpilih sesuai dengan yang di sediakan oleh Excel.

f. Cells

Ribbon Toll Sel berfungsi untuk mengatur lebar sel, menghapus sel atau kolom dan menambahkan sel atau kolom. Berikut penjelasannya.
  • Insert : adalah perintah untuk menambahkan sel atau kolom di bagian yang kita inginkan.
  • Delete : adalah perintah untuk menghapus sel dan kolom yang kita inginkan.
  • Format : adalah perintah untuk mengatur sel dan kolom seperti menambah lepar dan panjang.

g. Editing

Fungsi icon Ms Excel pada Ribbon Tool Editing adalah menghitung data secara otomatis, mencari data, mengurutkan data, menyaring data dan menghapus data pada sel yang di pilih. Berikut penjelasannya.
  • AutoSum : adalah perintah untuk menghitung data dari beberapa sel yang sudah di pilih. Dan mengetahui berapa nilai rata-rata dari data tersebut.
  • Fill : adalah perintah untuk menyalin data yang sama ke sebelah kiri, kanan, atas atau bawah ke dalam sel yang sudah terpilih.
  • Clear : adalah perintah untuk membersihkan data di dalam sel yang terpilih, baik itu secara format, isi, rumus, semua akan terhapus.
  • Sort and Filter : adalah perintah untuk mengurutkan data dari beberapa sel atau kolom yang terpilih. Seperti dari besar ke kecil atau dari A ke Z maupun sebaliknya.
  • Find and Select : adalah perintah untuk mencari dan mengganti data di dalam sel atau kolom yang terpilih secara otomatis.

3. INSERT

Fungsi Icon Microsoft Excel
Fungsi ikon Ms Excel pada Tab Menu Insert adalah untuk memasukkan objek kedalam lembar kerja seperti tabel, gambar, link, garis, simbol dan lain-lain yang masih berkaitan dengan data lembar kerja.

Untuk lebih jelasnya berikut ulasan per Ribbon Tool.

a. Tables

  • Table : adalah icon untuk perintah membuat tabel. Table merupakan daftar yang berisi data yang di susun menurut kategori yang di batasi oleh garis.
Berikut cara membuat tabel :
  1. Klik Insert pada Excel
  2. Kemudian pilih Table
  3. Lalu pilih beberapa baris sel dan kolom pada lembar yang hendak di beri tabel
  4. Setelah itu klik OK.
  • PivotTable : adalah perintah untuk merangkun data atau informasi dari kolom dan baris yang sudah di pilih.
Pivot Table salah satu fitur dari Excel yang cukup cepat dalam mengkombinasikan, membandingkan dan menganalisis data dalam jumlah banyak. Dengan PivotTable, kalian bisa memilih baris sel atau kolom yang ingin kalian jadikan referensi dalam melihat dan menganalisa data.

Berikut cara membuat PivotTable :
  1. Klik Insert pada Excel
  2. Pilih PivotTable
  3. Kemudian kalian bisa memilih atau mengetikkan baris sel atau kolom yang di inginkan.
  4. Lalu klik OK.

b. Illustrations

Fungsi icon Excel selanjutnya pada Ribbon Tool Illustrations adalah kalian dapat memasukkan foto yang tersimpan di perangkat, dari internet, bentuk 2D dan Screenshot dari aplikasi yang sedang terbuka di perangkat.
  • Pictures : adalah icon perintah yang dapat di gunakan untuk memasukkan gambar dari perangkat ke dalam lembar kerja.
Berikut cara memasukkan gambar ke dalam lembar kerja :
  1. Klik Insert pada Excel
  2. Pilih Picture, lalu akan muncul File Manager
  3. Kemudian kalian cari gambar yang ingin di masukan
  4. setelah ketemu, klik gambar tersebut dan klik
  • Online Picture : adalah icon perintah yang dapat kalian gunakan untuk memasukkan gambar dari internet ke dalam lembar kerja.
Berikut caranya.
  1. Klik Insert
  2. Pilih Online Picture, kemudian akan dialihkan ke browser
  3. Ketikan gambar apa yang ingin kalian masukkan
  4. Tunggu hingga proses pencarian selesai dan cari gambar yang kalian inginkan
  5. Kemudian klik Insert
  • Shape : adalah perintah untuk memasukan objek geometris kedalam lembar kerja seperti persegi, segitiga, lingkaran dan lain-lain.
Berikut cara menyisipkan Shapes :
  1. Klik Insert
  2. Pilih Shapes
  3. Lalu pilih objek mana yang kalian inginkan
  4. Kemudian klik pada area lembar kerja yang ingin di beri Shapes
  • Smartart Graphic : Adalah perintah untuk memasukan graphic. Di mana graphic tersebut sudah di sediakan oleh Excel. Jadi kalian tinggal pilih mana yang kalian inginkan.
Berikut langkahnya.
  1. Klik Insert
  2. Pilih SmartArt Graphic
  3. Kemudian pilih jenis Grafik yang kalian inginkan
  4. Klik OK, lalu kalian bisa mengatur ukuran sesuai dengan keinginan.
  • Screenshot : adalah perintah untuk memasukan tangkapan layar ke dalam Excel. Tangkapan layar ini dapat di peroleh dari aplikasi atau program yang sedang terbuka pada perangkat.

c. Charts

Fungsi icon Excel pada Ribbon Tool Charts adalah membuat grafik berdasarkan data yang sudah di pilih dalam bentuk kolom, lingkaran, diagram, area dan lain-lain.
  • Column : adalah perintah untuk membuat grafik berbentuk kolom dari data yang di pilih.
  • Line : adalah perintah untuk membuat grafik berbentuk garis dari data yang di pilih.
  • Pie : adalah perintah untuk membuat grafik berbentuk lingkaran dari data yang di pilih.
  • Bar : adalah perintah untuk membuat grafik berbentuk batang (horizontal) dari data yang di pilih.
  • Area : adalah perintah untuk membuat grafik berbentuk area dari data yang di pilih.
  • Scatter : adalah perintah untuk membuat grafik distribusi dari data yang di pilih.
  • Radar : adalah perintah untuk membuat grafik berbentuk radar (jaring laba-laba) dari data yang di pilih.
  • Combo : adalah perintah untuk membuat grafik berbentuk kombinasi column dan garis dari data yang di pilih.
Berikut langkah untuk membuat charts.
  1. Pilih beberapa baris dan kolom yang berisi data
  2. Klik Insert
  3. Pada Ribbon Tool Charts, pilih grafik yang ingin kalian gunakan
  4. Kemudian klik grafik tersebut, secara otomatis akan muncul grafik dan kalian bisa mengatur ukurannya.

d. Sparklines

Fungsi icon Ms Excel pada Ribbon Tool Sparklines adalah memberikan grafik mini pada satu sel yang kalian pilih. Berikut penjelasannya.
  • Line : adalah perintah untuk membuat grafik berbentuk garis pada satu sel yang di pilih.
  • Column : adalah perintah untuk membuat grafik berbentuk column pada satu sel yang di pilih.
  • Win/Loss : adalah perintah untuk membuat grafik berbentuk column pada dua sel sel yang di pilih.
Untuk membuat grafik tersebut, berikut ini langkah – langkahnya.
  1. Pilih Sel yang ingin di beri Sparklines
  2. Klik Insert
  3. Pada Ribbon Tool Sparklines pilih jenis yang kalian inginkan
  4. Lalu klik pada sel di mana grafik tersebut di letakkan
  5. kemudian klik OK.

e. Filters

Ribbon tool ini berfungsi untuk menyaring data dalam lembar kerja. Namun kalian harus terhubung ke internet untuk menggunakan fitur ini.
  • Slicer : adalah perintah untuk memudahkan kalian dalam menyaring data dalam PivotTable
Berikut langkahnya.
  1. Klik Insert pada Excel
  2. Lalu pilih Slicer.
  3. Kemudian klik Browse For More, tunggu perangkat akan mencari koneksi internet lain.
  4. Setelah dapat, Klik Open.

f. Links

  • Hyperlink : adalah perintah untuk memasukan alamat link atau URL ke dalam lembar kerja. Kalian dapat membuat URL tersebut mengarah ke dalam perangkat atau pun website.

g. Text

Di dalam Ribbon Tool Text ini setidaknya ada lima perintah yang harus kalian ketahui. Berikut penjelasannya.
  • Text Box : adalah perintah untuk yang berfungsi untuk memasukkan atau menambahkan teks pada kotak yang kemudian kotak tersebut dapat kalian tempatkan sesuai keinginan.
  • Header & Footer : adalah perintah untuk menambahkan teks maupun gambar pada bagian atas (Header) dan bagian bawah (Footer) pada setiap halaman atau sheet pada lembar kerja.
  • WordArt : adalah perintah yang memiliki fungsi sama dengan Text Box. Bedanya pada icon ini kalian dapat membuat huruf dengan berbagai variasi yang sudah di sediakan oleh Excel.
  • Signature Line : Sesuai dengan namanya, icon ini berfungsi untuk memberikan tanda tangan digital pada lembar kerja. Kalian di haruskan untuk memberikan Nama, jabatan atau pekerjaan dan alamat email.
  • Object : adalah perintah untuk menambahkan file lain kedalam lembar kerja. File yang ditambah bisa juga berbentuk PDF atau file lainnya.

h. Symbols

  • Equation : adalah perintah untuk memasukkan rumus matematika yang sudah di sediakan oleh Excel kedalam lembar kerja.
  • Symbol : adalah perintah untuk menambahkan simbol tertentu ke dalam lembar kerja. Terdapat banyak simbol yang di sediakan yang bisa kalian pilih sesuai keinginan.

4. PAGE LAYOUT

Fungsi Icon Microsoft Excel
Fungsi icon Excel pada Tab Menu Page Layout ini terdapat beberapa Ribbon Tool yang dapat kalian gunakan untuk mengatur segala sesuatu terhadap lembar kerja Excel.

a. Themes

  • Themes : adalah perintah untuk merubah tampilan pada lembar kerja meliputi bagian background dan huruf agar terlihat bagus. Kalian dapat memilih tema yang di sediakan sesuai dengan keinginan
  • Colors : adalah perintah yang berfungsi untuk memberikan warna pada tema yang kalian pilih.
  • Font : adalah perintah yang dapat kalian gunakan untuk merubah gaya text pada lembar kerja.
  • Effects : perintah ini berfungsi untuk memberikan efek pada tampilan lembar kerja.

b. Page Setup

Ribbon Tool Page Setup ini berfungsi untuk mengatur lembar kerja yang hendak kalian cetak seperti ukuran kertas, margin, orientasi dan lain-lain.
  • Margins : adalah perintah untuk mengatur jarak antara tepi kertas dan lembar kerja yang ingin di cetak. Setidaknya ada tiga pilihan default yang di berikan oleh Excel yaitu Normal, Wide, dan Narrow. Namun kalian dapat juga mengatur sendiri berapa jarak dari tepi kertas dengan memilih Custom Margin.
  • Orientation : adalah perintah yang dapat kalian gunakan untuk mengatur apakah lembar kerja ingin di cetak dengan posisi kertas horizontal atau vertikal.
  • Size : adalah perintah untuk menentukan kertas yang akan kalian gunakan untuk mencetak lembar kerja.
  • Print Area : adalah perintah yang berfungsi untuk menentukan area mana saja dari lembar kerja yang hendak kalian cetak.
  • Breaks : adalah perintah yang berfungsi untuk memberikan batas halaman yang ingin kalian cetak dengan halaman lainnya sesuai dengan kursor yang kalian tempatkan.
  • Background: adalah perintah yang dapat kalian gunakan untuk memberikan background pada lembar kerja berupa gambar yang bisa kalian pilih dari perangkat ataupun dari online.
  • Print Titles : secara garis besar Print Titles memiliki fungsi yang sama dengan Print Area. Bedanya pada print titles ini kalian harus memilih area mana yang hendak di cetak dan menentukan batas atas dan batas bawah.

c. Scale To Fit

Pada Ribbon Tool ini adalah menentukan skala lembar kerja pada hasil cetak berdasarkan lebar dan tinggi dari kertas yang kalian pilih.
  • Width : adalah perintah untuk menentukan skala lembar kerja pada hasil cetak menurut lebar dari kertas yang kalian gunakan.
  • Height : adalah perintah untuk menentukan skala lembar kerja pada hasil cetak menurut panjan dari kertas yang kalian gunakan.
  • Scale : adalah perintah untuk menentukan skala lembar kerja pada hasil cetak dengan lebar dan tinggi dengan skala yang sama dari kertas yang kalian gunakan.

d. Sheet Option

Ribbon tool ini berfungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja yang sedang kalian buka.
  • Sheet Right to Left : adalah perintah untuk merubah atau membalikan lembar kerja yang tadinya tampil dari kiri ke kanan menjadi dari kanan ke kiri.
  • Gridlines : adalah perintah yang dapat kalian gunakan untuk memilih apakah ingin menampilkan garis bantu atau tidak.
  • Headings : adalah lembar kerja untuk menampilkan atau menghilangkan angka pada baris dan huruf pada kolom.

e. Arrange

Ribbon Tool Arrange berfungsi untuk mengatur objek yang terdapat pada lembar kerja.
  • Bring Forward : adalah perintah yang berguna untuk membuat objek yang terpilih ke bagian depan pada objek yang bertumpuk.
  • Send Backward : adalah perintah yang berguna untuk membuat objek yang terpilih pindah ke bagian belakang pada objek yang bertumpuk.
  • Selection Pane : adalah perintah untuk menampilkan kotak dialog apa saja yang ada pada lembar kerja.
  • Align : adalah perintah untuk mengatur kelurusan beberapa objek yang di pilih dengan cara, pilih terlebih dahulu berapa objek, lalu klik Align dan pilih apakah hendak di luruskan rata kiri atau kanan, rata bawah atau atas dan rata tengah.
  • Rotate : adalah perintah yang dapat kalian gunakan untuk memutar objek yang di pilih.

5. FORMULAS

Fungsi Icon Microsoft Excel
Fungsi icon Excel pada Ribbon Tool Formulas merupakan salah satu fitur yang membuat Excel menjadi salah satu software yang paling banyak di minati. Karena dapat di gunakan untuk memasukan rumus yang dapat menghitung dengan cepat dan tepat.

a. Insert Function

Icon ini merupakan perintah untuk memasukkan rumus (formula). Misal kalian ingin menjumlah beberapa data dalam kerja, kalian tinggal klik Insert Function dan pilih SUM, kemudian pilih sel mana yang ingin di jumlah kan.

Selain itu, juga terdapat banyak rumus yang bisa kalian gunakan seperti AVERAGE, MIN, MAX, IF dan COUNT.

b. Function Library

Pada Ribbon Tool ini banyak berisi rumus yang berkaitan dengan matematika, tekks, keuangan waktu dan lain-lain. Berikut penjelasannya.
  • AutoSUM : adalah perintah yang berisi untuk menjumlah, mencari rata-rata, menemukan angka yang terkecil dan yang terbesar pada lembar kerja yang terpilih.
  • Recently Used : adalah perintah yang dapat kalian gunakan untuk membuka kembali formula atau rumus yang terakhir kalian gunakan.
  • Finansial : adalah perintah yang berisi rumus (formula) yang berkaitan dengan masalah keuangan.
  • Logical : adalah perintah yang berisi rumus (formula) yang berkaitan dengan masalah analisa atau logika.
  • Text : adalah perintah yang berisi rumus (formula) yang berkaitan dengan masalah text.
  • Date & Time : adalah perintah yang berisi rumus (formula) yang berkaitan dengan masalah tanggal dan waktu.
  • LookUp & Reference : adalah perintah yang berisi rumus (formula) yang berkaitan dengan masalah data dan referensi.
  • Math & Trig : adalah perintah yang berisi rumus (formula) yang berkaitan dengan masalah ilmu pasti dan trigonometri.
  • More Function : adalah perintah yang berisi rumus (formula) lainnya yang dapat kalian gunakan sesuai dengan kebutuhan.

c. Defined Names

Fungsi ikon Ms Excel pada Ribbon Tool Defined Names adalah untuk memberikan nama tertentu sesuai dengan keinginan pada sel atau beberapa sel yang di pilih.
  • Name Manager : perintah ini berfungsi untuk menampilkan daftar nama sel atau beberapa sel dan kalian juga bisa mengaturnya dan merubah atau memperbaiki sel dan beberapa sel sesuai keinginan.
  • Define Name : adalah perintah untuk memberikan dan mengedit nama dari sel atau beberapa sel yang di pilih.
  • Use In Formula : adalah perintah yang berfungsi menyalin rumus atau formula dari sel atau beberapa sel yang sudah kalian beri nama sebelumnya.
  • Create From Selection : adalah perintah untuk membuat nama dari beberapa sel yang di pilih.

d. Formula Auditing

  • Trace Precedence : adalah perintah untuk menampilkan sel yang terkait dari sel dengan formula melalui anak panah.
  • Trace Dependent : adalah perintah untuk menampilkan sel yang terkait ke sel dengan formula melalui anak panah.
  • Remove Arrows : adalah perintah untuk menghilangkan anak panah trace precedents dan trace dependents.
  • Error Checking : adalah perintah untuk memeriksa apakah ada rumus (formula) yang error.
  • Evaluate Formula : adalah perintah yang berfungsi untuk mengevaluasi rumus (formula) yang ada pada lembar kerja.
  • Watch Window : adalah perintah yang berfungsi untuk melihat keterangan dari sel atau beberapa sel yang di pilih. Meskipun berapa pada lembar kerja yang lain.

e. Calculation

Sesuai dengan namanya, Ribbon tool ini berfungsi untuk mengkalkulasi pada lembar kerja, baik itu beberapa sel atau pun Sheet (halaman).
  • Calculation Options : adalah perintah untuk memilih rumus (formula) apa yang akan di gunakan untuk kalkulasi atau menghitung.
  • Calculate Now : adalah perintah untuk mengkalkulasi atau menghitung data pada lembar kerja yang sedang kalian kerjakan.
  • Calculate Sheet : adalah : adalah perintah untuk mengkalkulasi atau menghitung data pada beberapa halaman yang sedang kalian kerjakan pada lembar kerja.

6. DATA

Fungsi Icon Microsoft Excel
Fungsi icon Ms Excel pada Tab Menu Data ini pada umumnya di gunakan untuk menyusun serangkain data dengan kriteria yang kalian inginkan secara cepat dan tepat. Berikut adalah penjelasan masing-masing perintah dalam tab menu data.

a. Get External Data

Sesuai dengan namanya yaitu kita dapat mengambil data eksternal atau dari tempat lain di luar lembar kerja Excel yang kemudian kita gunakan pada lembar kerja tersebut.
  • From Acces : adalah perintah untuk mengambil data dari Microsoft Acces.
  • From Web : adalah perintah untuk mengambil data dari website.
  • From Text : adalah perintah untuk mengambil data dari file teks.
  • From Other Sources : adalah perintah untuk mengambil data dari sumber lainnya.
  • Existing Connection : adalah perintah untuk menyambungkan data dari Microsoft Excel lain ke lembar kerja yang sedang kalian gunakan.

b. Connections

Fungsi icon Excel pada Ribbon Tool Connections ini adalah untuk memperbaharui dari dari setiap lembar kerja yang terhubung melalui formula. Sehingga, lembar kerja tersebut akan selalu update jika ada perubahan data dari salah satu lembar kerja
  • Refresh All : adalah perintah untuk meng-update semua data pada lembar kerja yang terhubung.
  • Connections : adalah perintah untuk yang akan menampilkan kotak dialog yang berisi data yang terhubung pada lembar kerja.
  • Properties : adalah perintah untuk mengatur jenis data yang telah terhubung antar lembar kerja.
  • Edit Link : adalah perintah untuk menampilkan dan meng-edit data yang terhubung antara lembar kerja baik dari sumber asal ataupun dari target lembar kerja tersebut.

c. Sort & Filter

Ribbon tool ini berguna untuk menyaring dan mengurutkan data yang di pilih sesuai dengan keinginan. Misal dari angka terkecil ke yang besar, dari A-Z ataupun sebaliknya.
  • Sort : adalah perintah untuk mengurutkan data. Jika kalian klik Sort makan akan muncul kotak dialog di mana kalian akan memasukan kolom mana yang ingin di urutkan dan dengan kriteria seperti apa sesuai dengan keinginan kalian.
  • Filter : adalah perintah untuk menyaring data yang di pilih sesuai dengan keinginan.
  • Clear : adalah perintah untuk menghapus fitur Sort dan FIlter pada data di lembar kerja.
  • Reapply : adalah perintah untuk memberikan kembali filter atau sort pada lembar kerja yang telah di hapus..
  • Advanced : adalah perintah untuk mengatur Filter dan Sort lebih detail.

d. Data Tools

  • Text To Columns : adalah perintah untuk mengubah teks menjadi kolom, biasanya di gunakan saat memasukan teks dengan format html.
  • Remove Duplicates : adalah perintah untuk menghapus duplikat teks atau angka pada dalam baris lembar kerja.
  • Data Validation : adalah perintah untuk memvalidasi data atau mencegah data yang tidak valid saat di masukkan ke dalam sel.
  • Consolidate : adalah perintah agar kalian dapat menggabungkan beberapa data dalam satu sel pada sebuah lembar kerja excel.
  • What IF-Analysis : adalah perintah untuk mencoba dan menganalisa data pada lembar kerja.

e. Outline

  • Group : adalah perintah yang berfungsi untuk menggabungkan beberapa baris yang terpilih ke dalam satu grup.
  • Ungroup : adalah perintah untuk memisahkan baris yang telah di gabungkan.
  • Subtotal : adalah perintah untuk menghitung data berdasarkan kategori termasuk juga yang ada di dalam grup.
  • Show Detail : adalah perintah untuk membuka atau melihat baris yang berada dalam satu grup.
  • Hide Detail : adalah perintah untuk menyembunyikan baris yang berada dalam satu grup.

7. REVIEW

Fungsi Icon Microsoft Excel

a. Proofing

Pada Ribbon Tool proofing adalah untuk mendapatkan ejaan yang benar dan mencari artinya di dalam kamus. Berikut penjelasannya.
  • Spelling : adalah perintah untuk memeriksa ejaan teks pada sel yang di pilih.
  • Research : adalah perintah untuk menampilkan referensi dari teks tersebut.
  • Thesaurus : adalah perintah untuk menampilkan pilihan teks yang tepat pada sel yang di pilih.

b. Language

Translate : adalah perintah untuk menerjemahkan teks pada sel yang di pilih ke bahasa yang di inginkan.

c. Comments

  • New Comment : adalah perintah untuk memberikan komentar pada sel yang di pilih.
  • Delete : adalah perintah untuk menghapus komentar pada sel yang di pilih.
  • Previous : adalah perintah yang dapat kalian gunakan untuk melihat komentar sebelumnya.
  • Next : adalah perintah yang dapat kalian gunakan untuk melihat komentar selanjutnya.
  • Show/Hide Comment : adalah perintah untuk menampilkan dan menyembunyikan.
  • Show All Comment : adalah perintah yang dapat kalian gunakan untuk menampilkan semua komentar pada lembar kerja Excel.
  • Show Ink : adalah perintah untuk menampilkan tinta di lembar kerja.

d. Changes

Fungsi icon Excel ini biasa di gunakan untuk keamanan terhadap lembar kerja dengan sebuah password yang kita buat. Berikut penjelasannya.
  • Protect Sheet : adalah perintah untuk mengunci halaman di dalam lembar kerja menggunakan password.
  • Protect WorkBook : adalah perintah untuk mengunci lembar kerja menggunakan password
  • Share Workbook : adalah perintah yang dapat kalian gunakan untuk berbagi lembar kerja.
  • Protect And Share Workbook : adalah perintah untuk berbagi lembar kerja. Namun lembar kerja tersebut di lindungi oleh password. Jadi si penerima harus tahu password nya agar dapat membuka file tersebut.
  • Allow User To Edit Ranges : adalah perintah untuk memperbolehkan pengguna lainnya mengedit range pada lembar kerja.
  • Track Change : adalah perintah yang dapat kalian gunakan untuk melihat perubahan apa saja yang terjadi pada lembar kerja bersama.
Note : fitur ini sangat berguna karena dapat melindungi data yang sudah susah payah kita buat dari orang yang tidak bertanggung jawab dan untuk melindungi data kita agar tidak di copy paste.

8. VIEW

Fungsi Icon Microsoft Excel
Fungsi icon Excel pada tab menu View adalah untuk mengatur tampilan lembar kerja baik itu tampilan halaman, memperbesar dan memperkecil halaman. Dan tidak akan mempengaruhi data yang tersimpan pada lembar kerja Excel.

a. Workbook Views

Ribbon Tool ini berfungsi untuk mengatur tampilan halaman pada lembar kerja Excel.
  • Normal : adalah perintah untuk memberikan tampilan normal pada lembar kerja.
  • Page Break Preview : adalah perintah memberikan tampilan pada halaman yang sudah di atur ke Print Area.
  • Page Layout : adalah perintah untuk memberikan tampilan seperti lembaran-lembaran kertas.
  • Custom Views : adalah perintah untuk menampilkan area mana yang kita kehendaki.

b. Shows

Ribbon Tool ini berfungsi untuk menghilangkan dan menampilkan garis bantu, heading dan lain-lain.
Berikut adalah penjelasannya
  • Ruler : adalah perintah untuk menyembunyikan dan menampilkan penggaris dalam lembar kerja.
  • Formula Bar : adalah perintah untuk menyembunyikan dan menampilkan formula bar dalam lembar kerja.
  • Gridlines : adalah perintah untuk menyembunyikan dan menampilkan garis bantu dalam lembar kerja.
  • Headings : adalah perintah untuk menyembunyikan dan menampilkan heading (yang terdiri dari huruf) dalam lembar kerja.

c. Zoom

  • Zoom : adalah perintah untuk memperbesar tampilan lembar kerja. Excel menyediakannya hingga 200%. Namun kalian dapat mengatur lebih dari 200% pada Custom Zoom
  • 100 % : adalah perintah untuk mengembalikan tampilan lembar kerja ke skala 100%.
  • Zoom to Selection :adalah perintah yang dapat kalian gunakan untuk melakukan Zoom pada bagian yang kalian inginkan.

d. Window

Fungsi icon Ms Excel pada Ribbon Tool Window ini adalah untuk memberikan tampilan pada lembar kerja dan halaman yang sedang kalian kerjakan.
  • New Window : adalah perintah untuk membuka lembar kerja baru.
  • Arrange All : adalah perintah untuk membuka semua lembar kerja baru dengan ukuran yang sama di layar perangkat.
  • Freeze Panes : adalah perintah untuk membekukan sel yang di pilih agar tidak tergulung saat kita melakukan scrol
  • Split : adalah perintah untuk membagi halaman lembar kerja menjadi beberapa bagian. Dimana bagian tersebut dapat kita atur besarnya sesuai dengan keinginan.
  • Hide : adalah perintah untuk menyembunyikan lembar kerja.
  • Unhide : adalah perintah untuk membuka lembar kerja yang telah kita sembunyikan.
  • View Side by Side : adalah perintah untuk membuka dua halam atau lembar kerja secara bersamaan.
  • Synchronous Scrolling : adalah perintah untuk membuat beberapa lembar kerja selaras saat kita melakukan scrol. Dan beberapa lembar kerja tersebut akan menggulung secara bersamaan.
  • Reset Window Position : adalah perintah untuk melakukan reset pada tampilan lembar kerja sehingga tampilan keduanya sama di layar perangkat.
  • Switch Window : adalah perintah untuk membuka lembar kerja lainnya pada Microsoft Excel yang sedang terbuka.

e. Macros

Fungsi Ikon Ms Excel pada Ribbon Tool Macros adalah berfungsi untuk mengatur video yang ada dalam lembar kerja Excel.

Itulah macam-macam icon yang terdapat pada Microsoft Excel yang dapat kalian ketahui terutama bagi yang baru mengenal aplikasi ini.

Selain mempelajari dan tahu tentang Excel, penting juga bagi kalian untuk lebih memahami aplikasi microsoft lainnya seperti Ms. Word.

Panduanesia sudah membahasnya di Fungsi Icon Microsoft Word. Keduanya aplikasi ini akan sangat berguna bagi kalian apalagi di era modern seperti sekarang ini, di mana teknologi sudah tidak bisa di lepaskan dari kehidupan sehari- hari.

Terimakasih, Semoga membantu.

Berlangganan via Email