Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Icon Ms Powerpoint Lengkap Beserta Gambar

Software Microsoft Office saat ini memang cukup populer karena dapat meringankan pekerjaan atau tugas yang kita miliki. Selain Ms. Excel dan Ms. Word terdapat juga program yang sangat menarik untuk kalian pelajari yaitu Microsoft Powerpoint.


Artikel kali ini akan membahas tentang fungsi ikon Ms Powerpoint, karena masih banyak penggunanya yang belum mengetahui semua fungsi dari ikon-ikon yang ada di dalam aplikasi ini.

Pada dasarnya Microsoft Powerpoint merupakan program aplikasi yang dapat membuat dan di gunakan sebagai presentasi. Aplikasi ini pertama kali dirilis pada tahun 1987 dan hanya dapat di operasikan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Mac OS (Apple Macintosh), untuk lebih jelasnya kalian bisa membaca Sejarah dan Pengertian Microsoft Powerpoint.

Sebelum membahas mengenai materi tentang fungsi ikon pada menu-menu Microsoft Powerpoint, kalian harus memahami dulu bagian-bagian saat pertama kali membuka aplikasi ini.

Bagian – Bagian Microsoft Powerpoint

Bagian Microsoft Powerpoint
Perhatikan gambar diatas yang sudah di berikan nomor, berikut adalah fungsi bagian tersebut sesuai dengan nomor yang tertera.

1. Quick Access Toolbar : Bagian ini merupakan bagian yang berisi ikon yang sering di gunakan. Secara default bagian ini berisi perintah SAVE (menyimpan file Powerpoint), UNDO/REDO (memajukan dan memundurkan perubahan yang terjadi pada halaman Powerpoint).

Terdapat juga ikon panah yang dapat kalian gunakan untuk menambahkan beberapa perintah yang akan di tampilkan pada Quick Acces Toolbar

2. Title Bar : Bagian ini merupakan nama dari dokumen yang sedang aktif atau yang sedang kalian buka. Jika file tersebut baru, secara default namanya yang di berikan oleh sistem adalah Presentation1.

3. Windows Menu : Pada bagian ini terdapat lima perintah yang bisa kalian gunakan yaitu Help, Hide and Show Ribbon Tool, Minimize, Maximize dan Close.

Icon Help merupakan ikon yang dapat kalian gunakan untuk mendapatkan bantuan tentang pengoprasian Microsoft Powerponit. Bantuan ini juga tersedia saat kalian offline dan tidak terhubung ke internet.

Icon Hide and Show Ribbon Tool berfungsi untuk menampilkan dan menyembunyikan Ribbon Tool. Jika kalian menginginkan tampilan yang lebih lebar, kalian dapat menyembunyikan Ribbon Tool yang ada di Powerpoint.

Untuk icon Minimize memiliki fungsi untuk menarik aplikasi ke latar belakang. Sedangkan icon Maximize berfungsi agar aplikasi tampil dengan layar penuh. Dan untuk icon Close berguna jika kalian ingin menutup aplikasi Powerpoint tersebut.

4. Tab Menu : Bagian selanjutnya bernama Tab Menu, bagian ini berisi perintah perintah yang sudah di kelompokkan ke dalam Ribbon Tool yang memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing.

Terdapat 8 tab menu pada aplikasi Powerpoint yang berguna untuk membuat dan menjadikan bahan presentasi kalian lebih menarik.

5. Ribbon Tool : Bagian Ribbon Tool ini merupakan kumpulan icon dan isi dari Tab Menu. Setiap icon yang terdapat pada Ribbon Tool ini memiliki fungsi untuk membuat presentasi Ms. Powerpoint dari mulai teks, gambar, grafik dan lain-lain sampai dengan memulai presentasi di depan audiens.

6. Scroll Bar : Sesuai dengan namanya, bagian memiliki fungsi yang dapat kalian gunakan untuk menggeser halaman slide secara vertikal dan horizontal. Sehingga tampilan dari halaman slide dapat terlihat secara keseluruhan.

7. View Bar : Bagian yang terletak di bagian bawah ini berisi beberapa perintah yang ada di dalam tab menu VIEW yang sering di gunakan oleh penggunanya seperti menambah catatan dan komentar pada slide.

Terdapat juga beberapa ikon yang dapat kalian gunakan untuk memilih tampilan dari file Powerpoint yang sedang di buka seperti mode Normal, Slide Sorter dan Reading View.

8. Zoom Menu : Bagian yang terletak di sudut kanan bawah ini berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan dari halaman slide pada Powerpoint.

Selain itu, juga terdapat icon Fit Slide to Current Windows yang artinya jika kalian klik, tampilan slide akan menyesuaikan dengan ukuran jendela Powerpoint yang sedang kita buka.

Itulah nama dari bagian-bagian yang terdapat di Microsoft Powerpoint. Mari kita lanjutkan ke penjelasan fungsi ikon Ms Powerpoint.

Fungsi Icon pada Microsoft Powerpoint

Pembahasan dari fungsi ikon ini akan di jelaskan menurut tab menu nya. Karena ikon-ikon Powerpoint di kelompokkan ke dalam Ribbon Tool yang ada di Tab Menu. Tanpa panjang lebar, berikut penjelasannya.

1. Tab Menu FILE

Fungsi Icon Microsoft Powerpoint

Di dalam tab menu FILE ini terdapat beberapa perintah yang dapat di gunakan seperti membuka jendela Powerpoint baru, menyimpan file yang sedang dikerjakan, mencetak file tersebut dan lain-lain. Berikut penjelasannya.

a. INFO : Berisi keterangan informasi dari halaman powerpoint yang sedang kita buka, seperti ukuran file, jumlah slide, tanggal di buat, terakhir kali modifikasi dan masing banyak lagi.

b. NEW : Sebuah perintah yang dapat kalian gunakan untuk membuka jendela/halaman Powerpoint baru.

c. OPEN : Sebuah perintah untuk membuka file Powerpoint yang terdapat di dalam penyimpanan perangkat tersebut.

d. SAVE : Merupakan perintah untuk menyimpan file Powerpoint yang sedang kalian buka.

e. SAVE AS : Adalah perintah untuk menyimpan file yang sedang di buka ke dalam folder yang di inginkan dan kalian juga dapat mengubah namanya..

f. PRINT : Adalah perintah yang dapat kalian gunakan untuk mencetak file tersebut. Tapi, pastikan bahwa perangkat yang kalian gunakan sudah terhubung dengan alat pencetak (printer).

g. SHARE : Adalah perintah yang dapat kalian gunakan untuk membagikan file tersebut ke orang lain yang kalian kehendaki melalui E-Mail.

h. EXPORT : Merupakan perintah untuk merubah ekstensi dari file tersebut ke bentuk lain. Kebanyakan orang merubah file presentasi menjadi file berjenis PDF dan Video.

i. CLOSED : Adalah perintah untuk menutup jendela Powerpoint yang kalian buka.

j. ACCOUNT : Adalah bagian di mana kalian yang sudah memiliki akun Microsoft Office, dapat melakukan Sign-In di bagian ini.

k. OPTION : Adalah menu yang berisi pengaturan lanjutan dari file Powerpoint yang sedang kalian buka.

2. Tab Menu HOME

Fungsi Icon Microsoft Powerpoint

a. Clipboard

Paste : Memiliki fungsi untuk menempelkan teks atau objek yang sebelumnya sudah kalian copy atau cut ke dalam slide yang dipilih (CTRL+V).

Copy : Memiliki fungsi untuk menyalin teks atau objek yang di pilih (CTRL+C). Dan di tempelkan ke bagian yang di inginkan.

Cut : Memiliki fungsi untuk memotong dan memindahkan teks atau objek yang di pilih (CTRL+X). Dan di tempelkan pada bagian yang di inginkan.

Format Painter : Fungsi icon Ms Powerpoint ini adalah untuk menirukan format pada suatu bagian kebagian lain dengan cara, kalian harus memilih bagian yang formatnya ingin di tiru, lalu klik Format Painter (icon kuas), kemudian arahkan pointer menggunakan mouse ke bagian yang hendak di samakan formatnya.

b. Slides

New Slide : Perintah untuk menambahkan halaman slide baru.

Layout : Perintah untuk memilih tampilan tata letak pada slide yang di pilih.

Reset : Perintah untuk mengembalikan format slide yang di pilih menjadi default bawaan sistem..

Section : Perintah untuk menjadikan beberapa slide menjadi satu bagian.

c. Font

Font Box : Berisi beberapa jenis font yang dapat di pilih sesuai keinginan.

Font Size : Perintah untuk memilih ukuran teks yang ingin di gunakan.

Increase Font Size : Perintah untuk memperbesar ukuran teks yang di pilih secara bertahap.

Decrease Font Size : Perintah untuk memperkecil ukuran teks yang di pilih secara bertahap.

Clear All Formatting : Perintah untuk menghapus format pada teks yang di pilih dan mengembalikan format teks ke pengaturan default.

Bold : Perintah untuk membuat teks yang di pilih menjadi tebat (CTRL+B).

Italic : Perintah untuk membuat teks yang di pilih menjadi miring (CTRL+I).

Underline : Perintah untuk memberikan efek berupa garis bawah pada teks yang di pilih (CTRL+U).

Text Shadow : Perintah untuk memberikan efek bayangan pada teks yang di pilih.

Strikethrough : Perintah untuk memberikan efek garis tengah pada teks yang di pilih.

Character Spacing : Perintah untuk mengatur jarak antara karakter atau huruf pada bagian yang dipilih.

Change Case : Perintah untuk mengubah teks yang di pilih ke dalam format kapital atau non kapital.

Font Color : Perintah untuk mengatur warna teks yang di pilih sesuai dengan keinginan.

d. Paragraph

Bullets : fungsi ikon Ms Powerpoint ini untuk memberikan format pada paragraf atau teks yang di pilih menjadi format daftar atau senarai dengan tanda yang bisa di pilih seperti titik bulat, ceklis atau bentuk objek lainnya.

Numbering : Perintah untuk memberikan format pada paragraf atau teks yang di pilih menjadi format daftar atau senarai dengan tanda angka atau huruf.

Decrease Indent : Perintah untuk menggeser paragraf atau kalimat yang di pilih ke sebelah kiri.

Increase Indent : Perintah untuk menggeser paragraf atau kalimat yang di pilih ke sebelah kanan.

Line Spacing : Perintah yang berfungsi mengatur jarak spasi antar setiap baris teks.

Align Text Left : Perintah untuk mengatur teks yang di pilih menjadi format rata kiri.

Center : Perintah untuk mengatur teks yang di pilih menjadi format rata tengah.

Align Text Right : Perintah untuk mengatur teks yang di pilih menjadi format rata kanan.

Justify : Perintah untuk memberikan format pada teks yang di pilih agar menjadi rata kiri dan kanan. Sehingga jarak per karakter dan jarak per kata akan menyesuaikan.

Left-to-Right Text Direction : Perintah untuk mengatur arah penulisan teks dari kiri kekanan.

Right-to-Left Text Direction : Perintah untuk mengatur arah penulisan teks dari kanan ke kiri.

Columns : Berisi beberapa gaya tampilan saat menulis yang dapat kalian pilih.

Text Direction : Berisi perintah untuk mengatur gaya pada tampilan teks menjadi horizontal atau vertikal.

Align Text : Perintah untuk mengatur posisi teks di slide. Terdapat pilihan bagian atas, tengah atau bawah.

Convert to SmartArt : Fungsi ikon Ms Powerpoint ini untuk mengubah format teks ke dalam bentuk shape yang di sediakan dan kalian dapat memilih sesuai keinginan.

e. Drawing

Shapes Box : Berisi beberapa bentuk shape atau objek yang dapat di masukan kedalam slide.

Arrange : Berisi perintah untuk mengatur objek yang berada di dalam slide.

Quick Style : Berisi beberapa format shape atau objek yang sudah di sediakan.

Shape Fill : Perintah untuk mengatur warna pada bentuk shape yang di pilih.

Shape Outline : Perintah untuk mengatur warna garis luar pada bentuk shape yang di pilih.

Shape Effect : Berisi beberapa pilihan efek yang dapat di berikan efek pada bentuk shape seperti efek bayangan.

f. Editing

Find : Perintah untuk mencari kata pada halaman Powerpoint yang kalian buka.

Replace : Fungsi ikon Ms Powerpoint ini untuk mengganti semua kata yang sama.

Contoh : kalian ingin mengganti semua kata “Aku” menjadi “Saya”. Kalian klik ikon Replace, maka akan muncul kotak dialog, tuliskan kata “Aku” pada kolom Find dan tuliskan kata “Saya” pada kolom Replace”, lalu klik Replace All. Maka secara otomatis semua kata “Aku” yang ada di halaman tersebut berubah menjadi kata “Saya”.

Select : Perintah untuk memilih semua bagian termasuk teks dan objek yang ada di halaman.

3. Tab Menu INSERT

Fungsi Icon Microsoft Powerpoint

a. Slides

Hanya terdapat satu perintah di dalam Ribbon Tool ini yaitu New Slide yang berfungsi untuk menambah slide baru pada halaman Powerpoint.

b. Tables

Perintah untuk menambahkan tabel ke dalam slide. Jika di klik maka akan muncul kotak dialog dan kalian dapat memilih berapa kolom dan baris yang ingin di buat.

Insert Table : Jika memilih insert table, maka akan muncul kotak dialog dan kalian bisa memasukkan angka sesuai dengan berapa kolom dan baris tabel yang ingin di buat.

Draw Table : Perintah untuk membuat tabel menggunakan kursor pada slide Powerpoint.

Excel Spreadsheet : Fungsi ikon Ms Powerpoint ini untuk memasukkan Spreadsheet atau lembar kerja Excel lengkap dengan fungsinya kedalam Slide.

c. Images

Picture : Perintah untuk memasukkan gambar yang tersimpan pada perangkat ataupun memori eksternal ke dalam slide.

Online Picture : Perintah untuk memasukan gambar yang dapat kalian temukan secara online dengan mengklik ikon tersebut..

Screenshot : Perintah untuk memasukan gambar yang berupa hasil tangkapan layar dari beberapa aplikasi yang aktif pada perangkat kalian.

Photo Album : Perintah untuk memasukan album atau beberapa foto yang tersimpan dalam satu folder.

d. Illustrations

Shapes : Berisi beberapa bentuk objek yang dapat kalian pilih dan masukkan ke dalam slide.

SmartArt : Berisi objek yang telah di desain oleh Powerpoint yang dapat kalian masukkan dan atur sesuai keinginan.

Chart : Berisi beberapa bentuk grafik seperti column, radar, pie, bar, area dan lain-lain yang dapat kalian masukan ke dalam slide.

e. Links

Hyperlink : Fungsi ikon Microsoft Powerpoint ini untuk menyisipkan alamat URL/tautan yang di tujukan ke dokumen lain ataupun ke halaman web.

Action : ikon ini berfungsi untuk memberikan perintah pada bagian yang di inginkan seperti teks jika di klik. Perintah tersebut berupa aksi seperti melompat ke slide yang di inginkan, memutar sound dan lain-lain.

f. Comment

Sesuai dengan namanya, ikon ini berfungsi untuk memberikan komentar pada bagian yang kalian inginkan. Klik bagian yang ingin di berikan komentar kemudian klik ikon Comment dan tuliskan komentar kalian.

g. Text

Text Box : Perintah untuk memasukkan objek berupa kotak dan kalian dapat menuliskan teks pada objek tersebut.

Header & Footer : Perintah untuk membuat kop pada bagian atas atau bawah di setiap slide seperti waktu & tanggal dan nomor slide.

WordArt : Berisi beberapa desain atau format teks yang dapat kalian pilih sesuai keinginan.

Date & Time : Perintah untuk menyisipkan waktu dan tanggal saat itu dengan ukuran dan letaknya dapat kalian atus sendiri.

Slide Number : Perintah untuk menyisipkan nomor slide pada slide yang di pilih slide.

Object : Perintah untuk menyisipkan file lain kedalam slide.

h. Symbols

Equation : Berisi rumus fisika dan matematika yang dapat kalian masukkan kedalam slide yang di pilih.

Symbols : Berisi banyak simbol yang telah di sediakan yang bisa kalian masukkan ke dalam slide sesuai kebutuhan.

i. Media

Video : Perintah untuk memasukan file berbentuk video ke dalam slide.

Audio : Perintah untuk memasukan file berbentuk audio atau suara ke dalam slide.

Screen Recording : Perintah untuk memasukkan video hasil dari rekaman layar secara real time.

4. Tab Menu DESIGN

Fungsi Icon Microsoft Powerpoint

a. Themes

Fungsi ikon Microsoft Powerpoint yang terdapat pada Ribbon tool ini berisi beberapa format tema atau template yang dapat kalian gunakan dan terapkan pada slide yang di pilih. Dan jika di klik pada bagian anak panah makan akan muncul banyak pilihan dan juga terdapat dua perintah lainya yaitu Browse for themes dan Save current themes, di bawah penjelasannya.

Browse for themes : Perintah untuk menerapkan tema atau template yang tersimpan di dalam perangkat dengan ekstensi “.ppt” atau “.pptx” ke dalam slide.

Save current themes : Perintah untuk menyimpan tema atau template yang sedang kalian terapkan pada slide saat ini kedalam perangkat. Dan jika kalian ingin menggunakan tema tersebut di file lain, kalian dapat menggunakan perintah Browse for themes.

b. Background

Fungsi icon Ms Powerpoint ini adalah untuk memberikan latar belakang pada slide yang di pilih. Dan jika di klik pada anak panah maka akan terdapat beberapa perintah seperti Colours, Font, Effects dan Background Styles. Berikut ini adalah penjelasannya.

Colours : Perintah untuk menentukan warna latar belakang yang ingin kalian gunakan.

Font : Perintah untuk memilih format font atau gaya tulisan yang k ingin kalian gunakan.

Effect : Perintah untuk memasukan effect tampilan pada latar belakang slide.

Background Styles : Perintah untuk menentukan format dan gaya tampilan latar belakang pada slide.

c. Customize

Side Size : Perintah untuk melakukan pengaturan terhadap panjang dan lebar slide. Tersedia pilihan yang umumnya di gunakan yaitu ukuran 4 : 3 dan 16 : 9.

Selain itu, kalian juga dapat menentukan ukuran kalian sendiri melalui perintah Customize Slide Size.

Format Background : ikon ini merupakan perintah lanjutan untuk pengaturan background atau latar belakang slide. Dalam ikon ini kalian dapat mengatur format latar belakang sesuai dengan filter yang kalian inginkan seperti Solid filter, Gradient Filter, Texture Filter dan Pattern Filter.

5. Tab Menu TRANSITIONS

Fungsi Icon Microsoft Powerpoint

a. Preview

Fungsi ikon Microsoft Powerpoint ini adalah untuk melakukan pratinjau terhadap slide atau halaman Powerpoint untuk melihat hasil dari bahan presentasi dengan format yang sudah kalian buat. Sehingga, saat nanti melakukan presentasi yang sesungguhnya di depan audiens, kalian dapat melakukannya dengan maksimal

b. Transition to This Slide

Ikon ini berfungsi untuk memberikan efek transisi terhadap slide, sehingga saat slide di buka atau terbuka maka efek transisi tersebut akan muncul. Jika kalian klik pada bagian anak panah, maka akan muncul banyak pilihan efek transisi yang dapat kalian gunakan.

Selain itu, ada ikon Effect Options yang dapat mengatur arah dari efek transisi yang kalian pilih. Ikon ini tidak bekerja pada beberapa efek transisi.

c. Timing

Sound : ikon ini berisi beberapa suara yang telah di sediakan oleh sistem yang akan memberikan efek suara jika berpindah ke slide selanjutnya. Terdapat beberapa suara yang dapat kalian pilih dan jika ingin menghilangkan efek suara tersebut, kalian tinggal pilih “No Sound”.

Duration : Perintah untuk mengatur durasi dari efek transisi yang yang kalian pilih.

Apply To All : Perintah untuk menerapkan efek suara dan durasi transisi ke semua slide pada halaman Powerpoint.

On Mouse Click : ikon ini berfungsi untuk efek transisi yang kalian pilih. Jika dalam kondisi ter-ceklis, makan saat kalian klik, efek transisi akan langsung bekerja.

After : Perintah ini berfungsi untuk memberikan jeda (delay) antara klik mouse dan efek transisi.

6. Tab Menu ANIMATIONS

Fungsi Icon Microsoft Powerpoint

a. Preview

Ikon ini berfungsi untuk melakukan pratinjau terhadap efek animasi yang telah kalian masukkan, sehingga kalian dapat mengoreksi apabila ada kekurangan sebelum di lakukan presentasi di depan audiens.

b. Animation

Animation : Ribbon toll ini berisi kumpulan animasi yang dapat kalian gunakan pada setiap bagian slide. Dan jika kalian klik tanda anak panah, makan akan muncul banyak efek animasi yang dapat kalian pilih.

Effect Options : Ikon ini untuk mengatur arah dari animasi yang kalian terapkan pada bagian slide.

c. Advanced Animation

Add Animation : Perintah untuk memberikan animasi bergerak terhadap bagian slide yang sebelumnya sudah diberikan animasi, dengan kata lain setiap bagian slide bisa di berikan lebih dari satu animasi.

Animation Pane : sebuah kotak dialog yang berisi daftar animasi yang telah kalian terapkan ke slide. Jika ingin menyembunyikannya kalian tinggal klik ikon “Animation Pane”.

Trigger : Perintah untuk mengatur kapan animasi yang di pilih akan aktif.

Animation Painter : Perintah untuk menyalin format animasi dari satu bagian slide yang kemudian format tersebut dapat di terapkan ke bagian lain.

d. Timing

Start : Perintah untuk menentukan kapan animasi yang dipilih akan bekerja. Terdapat 3 pilihan disini yaitu :

1. On Click : yang berarti animasi akan berjalan saat mouse di klik.
2. With Previous : yang berarti animasi tersebut akan berjalan bersama dengan animasi sebelumnya.
3. After Previous : yang berarti animasi akan berjalan berjalan setelah animasi sebelumnya.

Duration : Perintah untuk menentukan berapa lama animasi tersebut berjalan.

Delay : Perintah untuk menentukan waktu tunggu (delay) sebelum animasi mulai berjalan.

Move Earlier : Perintah untuk menggeser animasi yang dipilih ke bagian atas (Animation Pane).

Move Later : Perintah untuk menggeser posisi animasi yang dipilih ke bagian bawah (Animation Pane).

7. Tab Menu SLIDE SHOW

Fungsi Icon Microsoft Powerpoint
Fungsi icon Microsoft Powerpoint pada tab menu Slide Show berkaitan untuk melakukan mempersiapkan dan mengatur slide yang akan kita presentasi.

a. Start Slide Show

From Beginning : Perintah untuk menampilkan slide sebagai presentasi, di mulai dari urutan slide pertama dan jika mouse di klik, akan berpindah ke slide selanjutnya secara berurutan.

From Current Slide : Perintah untuk menampilkan slide sebagai presentasi di mulai dari slide yang di pilih atau yang sedang aktif.

Present Online : Perintah untuk melakukan presentasi online yang di sediakan oleh Microsoft Office. Jika kalian menggunakan fitur ini, maka akan di berikan Link, dimana orang lain dapat mengikuti presentasi yang kalian lakukan melalui link tersebut.

Custom Slide Show : Perintah untuk mengatur slide mana saja yang ingin di tampilkan beserta dengan urutannya. Berikut caranya.

Klik ikon Custom Slide Show, maka akan muncul jendela baru kemudian pilih New. Lalu, akan muncul jendela baru yang berisi daftar dari slide tersebut. Kalian tinggal pilih dan urutkan kemudian klik Add.

b. Set Up

Set Up Slide Show : Sebuah kotak dialog yang berisi perintah untuk mengatur lebar pada layar, urutan slide yang akan di tampilkan dan mengatur warna pena. Terdapat 5 bagian di dalam kotak dialog ini, berikut penjelasannya.

1. Show Type : Terdiri dari 3 pilihan yaitu Presented by a speaker (full screen) yang berarti slide akan tampil dengan layar penuh. Browse by an individual (window) yang berarti slide akan tampil tidak memenuhi layar dan masih terdapat taskbar pada bagian bawah layar. Browse at a kiosk (full screen) yang berarti tampilan slide dengan layar penuh dan mouse tidak berfungsi. Tekan tombol “esc” untuk keluar dari tampilan tersebut.

2. Show Options merupakan bagian untuk menyembunyikan animasi serta narasi pada setiap slide dan mengatur warna untuk Pen yang di gunakan saat mencoret pada halaman slide.

3. Show Slide merupakan bagian untuk memilih slide yang ingin di tampilkan. Jika ingin semua di tampilkan pilih “All”.

4. Advance Slide merupakan bagian apakah pergantian slide di lakukan dengan manual (klik mouse) atau dengan durasi yang sudah di tentukan sebelumnya.

5. Multiple Monitor merupakan bagian untuk mengatur resolusi layar. Terdapat pilihan otomatis dan Primary Monitor yang berarti kalian dapat mengatur resolusi sesuai kebutuhan.

Hide Slide : Perintah untuk menyembunyikan slide yang di pilih agar tidak tampil saat presentasi.

Rehearse Timing : Perintah untuk menampilkan durasi saat presentasi dalam setiap slide.

Record Slide Show : Perintah untuk melakukan perekaman layar saat presentasi beserta dengan suara yang di timbulkan

c. Monitor

Fungsi icon Ms Powerpoint pada Ribbon Tool Monitors ini adalah untuk mengatur resolusi layar saat presentasi. Terdapat dua pilihan yaitu Automatic dan Primary Monitor.

Automatic : Perintah agar resolusi menyesuaikan dengan layar yang sudah di atur oleh sistem.

Primary Monitor : Perintah untuk mengatur resolusi layar sesuai keinginan dan kebutuhan penggunanya sendiri.

8. Tab Menu REVIEW

Fungsi Icon Microsoft Powerpoint

a. Proofing

Fungsi icon Microsoft Powerpoint pada Ribbon Tool Proofing ini adalah perintah yang dapat kalian gunakan untuk memeriksa ejaan pada teks di bagian slide dan mencari ejaan yang benar.

Spelling : Perintah untuk memeriksa ejaan teks pada bagian slide yang sedang aktif.

Research : Perintah untuk mencari referensi kata dari teks yang kalian pilih.

Thesaurus : Perintah untuk mencari persamaan kata atau sinonim dari kata yang kalian pilih.

b. Language

Translate : Perintah untuk menerjemahkan kata atau kalimat ke dalam bahasa yang kalian inginkan.

Language : Perintah untuk memilih bahasa yang akan kalian gunakan, hal ini bertujuan agar saat memeriksa ejaan dapat di lakukan dengan benar sesuai dengan bahasa yang di pilih.

c. Comments

New Comment : Perintah untuk memberikan komentar baru pada bagian slide yang di inginkan.

Delete : Perintah untuk menghapus komentar yang di pilih.

Previous : Perintah untuk melihat komentar sebelumnya.

Next : Perintah untuk melihat komentar selanjutnya.

Show Comments : Perintah untuk menampilkan serta menyembunyikan komentar dari bagian slide.

d. Compare

Compare : Perintah untuk membandingkan file presentasi yang aktif dengan file lain yang tersimpan di perangkat.

Accept: Perintah untuk menerima perubahan setelah file tersebut di bandingkan.

Reject : Perintah untuk menolak perubahan setelah file tersebut dibandingkan.

Previous : Perintah untuk melihat perubahan sebelum file tersebut di bandingkan.

Next : Perintah untuk melihat perubahan setelah file tersebut di bandingkan.

Reviewing : Perintah untuk menampilkan kotak dialog yang berisi riwayat perubahan file tersebut.

End review : Perintah untuk mengakhiri perbandingan pada file.

9. Tab Menu VIEW

Fungsi Icon Microsoft Powerpoint

a. Presentation Views

Fungsi ikon Ms Powerpoint pada Ribbon tool Presentation Views adalah untuk memilih format slide yang akan menjadi bahan presentasi. Terdapat 5 perintah yang ada pada ribbon tool ini, berikut penjelasannya.

Normal : Perintah agar slide tampil normal seperti presentasi pada umumnya.

Outline View : Perintah agar teks yang terdapat pada slide juga tampil pada kotak dialog sebelah kiri.

Slide Sorter : Perintah agar slide dalam format daftar.

Note Page : Perintah untuk menampilkan 2 buah slide pada 1 halaman.

Reading View : Perintah agar tampilan slide berada dalam mode baca dengan layar penuh.

b. Master Views

Master Slide : Perintah untuk menampilkan slide master dari file yang sedang aktif.

Handout Master : Perintah untuk menampilkan 6 slide master pada 1 halaman.

Notes Master : Perintah untuk menampilkan 2 slide master pada 1 halaman.

c. Show

Ruler : Perintah untuk menampilkan penggaris atau mistar atau penggaris di atas dan di samping halaman.

Gridline :Perintah untuk menampilkan garis bantu atau garis kisi di dalam slide.

Guides : Perintah untuk menampilkan garis horizontal dan vertikal yang letaknya tepat berada di tengah slide.

Notes : Perintah untuk menampilkan dan memberi catatan yang berada di bagian bawah slide.

d. Direction

Ikon ini berfungsi untuk mengatur daftar slide dari file yang sedang kalian buka. Terdapat du pilihan yaitu ingin meletakkan daftar tersebut di sebelah kiri atau sebelah kanan slide.

e. Zoom

Zoom : Perintah untuk memperkecil dan memperbesar tampilan slide.

Fit to Window : Perintah agar tampilan slide menyesuaikan ukuran dari layar atau monitor perangkat.

f. Color/Grayscale

Color : Perintah untuk mengembalikan format warna objek maupun teks pada bagian slide.

Grayscale : Perintah untuk memberikan format warna abu-abu pada objek dan teks pada bagian slide yang di pilih. Tekan ikon kolor untuk mengembalikan tampilan agar berwarna.

Black and White : Perintah untuk memberikan format warna hitam putih pada objek dan teks pada bagian slide yang di pilih. Tekan ikon kolor untuk mengembalikan tampilan agar berwarna.

g. Window

New Window : Perintah untuk membuka jendela Powerpoint baru.

Arrange All : Perintah untuk menampilkan semua jendela Powerpoint yang terbuka ke dalam layar dengan ukuran yang sama.

Cascade : Perintah untuk menampilkan semua jendela Powerpoint yang terbuka ke dalam satu layar dengan bentuk bertumpuk.

Move Split : Perintah untuk menghilangkan garis pembagi di dalam slide.

Switch Windows : Perintah yang menampilkan daftar dari jendela Powerpoint yang kalian buka. Sehingga kalian dapat berpindah ke jendela lain dengan cepat.

h. Macros

Macros perintah perintah di mana kalian dapat membuat dan menjalankan perintah. Tool ini berkaitan dengan pemrograman dan database.

Jika kalian memahami bahasa pemrograman dan sudah membuat nya, maka file Powerpoint tersebut akan mengikuti perintah sesuai dengan program yang sudah kalian buat.

Nah, itulah materi tentang fungsi ikon pada menu-menu Microsoft Powerpoint yang harus kalian ketahui agar lebih memahami tentang aplikasi ini. Karena aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang populer yang banyak digunakan untuk membuat dan melakukan presentasi.

Semoga membantu.